FaceBook Oke Juga Buat Bisnis
Siapa sih yang gak tau Facebook? Tidak lagi dipungkiri, Facebook merupakan komunitas (situs jejaring sosial) yang sedang heboh digandrungi masyarakat Indonesia. Hampir semua lapisan masyarakat mempunyai akun di FB.
Tentu saja hal ini memunculkan berbagai peluang. Peluang berbisnis online salah satunya. Facebook sekarang bukan hanya sebagai media berteman saja, atau sekedar memasang foto-foto, atau curhat-curhat si pemilik akun, tetapi sudah banyak digunakan sebagai sarana memasarkan bisnis secara online.
Ya! sekarang banyak ditemui pelaku bisnis bergabung di Facebook untuk menawarkan jasa atau produk yang dimiliki. Apakah efektif? hmmm… Pasti banyak jawabannya. Ada yang bilang efektif, ada juga yang bilang tidak efektif. Menjadikannya hal yang efektif tentu saja bukan hal mudah. Yang terpenting adalah bagaimana langkah awalnya.
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mulai berbisnis di Facebook, antara lain:
1. Manfaatkan akun pribadi
Sebagai contoh saja, beberapa orang suka memajang foto hobby mereka, misalnya kue-kue dan masakannya di akun pribadi. Bahkan ada beberapa yang sekaligus menuliskan resepnya. Orang itu termasuk rajin mengupload hasil karyanya. Lama-lama teman-temannya bertambah banyak, (dari facebook ke facebook, bukan dari mulut ke mulut ya), mulai ada yang memesan kue-kue kering buatannya, sekarang makin berhasil usahanya.
Jadi bisa saja hobi menjadi bisnis. Nama pemilik akun menjadi brand tersendiri.
Kelebihan mempopulerkan akun pribadi adalah tidak perlu mencari teman dengan susah payah dan menunggu teman yang di add, menconfirm akun, biasanya malah kalau sudah terkenal teman datang sendiri. Kekurangannya adalah list teman di akun pribadi terbatas adanya.
2. Membuat akun khusus untuk bisnis
Beberapa rekan bisnis membuat akun khusus untuk memasarkan produk atau jasanya. Biasanya hal ini dilakukan agar antara akun pribadi dan akun bisnis tidak tercampur kepentingannya.
Adanya akun khusus ini diharapkan data-data konsumen, promo-promo dan berbagai aktifitas bisnis lainnya menjadi terarah, tanpa takut tercampur dengan kepentingan pribadi. Kekurangannya, pada saat membuat akun tersebut perlu adanya add friend ke orang lain lagi, jadi terkadang ada yang tidak mau mengconfirmnya.
3. Membangun komunitas di Facebook
Membangun komunitas di Facebook bisa dengan membuat Fan Pages atau group. Contoh Fan Pages Produk Jamu dan Group Wira Community. Komunitas ini bisa merupakan salah satu wadah pertemanan misalnya satu misi bisa sebagai wadah untuk menjaring konsumen baru, atau relasi baru. Beberapa komunitas di Facebook melayani diskusi antar anggotanya, atau sekedar sharing pegalaman.
Fan pages dan group bisa juga merupakan sarana purna jual. Misalnya, grup khusus pengguna produk dengan merk A, atau pembeli buku merk B, dll, atau page khusus untuk penggemar penulis si A atau pelaku bisnis B (biasanya jasa atau keperluan promosi).
Jika suatu komunitas berjalan dan berkembang dengan baik, maka bisa menjadi ajang promosi gratis, misalnya penulis buku A merilis buku baru, karena sudah percaya dengan komunitas ini, maka anggotanya bisa menjadi pembeli nomor satu. Makin rame makin bagus.
Kekurangannya, jika komunitas tidak terlalu populer, bisa-bisa malah menjadi salah satu faktor penyurut niat untuk berbisnis. Bisa juga jika ada yang complain dan tidak segera ditangani, menjadikan produk atau jasa yang ditawarkan menjadi tidak laku, dan pemilik usaha bisa gulung tikar, karena informasi soal kejelekan suatu produk atau jasa bisa cepat sekali menyebar.
Demikian sekilas tips sederhana memanfaatkan Facebook untuk bisnis online. Jadi bukan hanya sebagai ajang perkenalan, menulis status-status, mengupload foto-foto dan video. So manfaatkan sisi positif adanya jejaring sosial Facebook.
Salam Sukses
0 komentar:
Posting Komentar